Tuesday, February 26, 2013

Abu-abu – Putih Kekuningan #1


Abu-abu – Putih Kekuningan #1

Ini adalah sebuah cerita masa-masa SMA gue dulu yang sepertinya harus gue tulis sebagai kenang-kenangan.



Masa 4L4y (Kelulusan SMP)

            Lulus. Gue lulus SMP. Saat itu bukanlah saat yang bahagia buat gue. Kenapa? Karena di hari itu gue merasa terkutuk. Gue merasa telah banyak berubah setelah masa peralihan pubertas di zaman SMP gue ini. Banyak hal negatif yang sudah gue alamin saat itu. Gue juga ingat sewaktu SMP gue pernah ngerasain yang namanya 4L4y. Gue gak tau dari mana datangnya virus itu, yang jelas itu adalah hal paling menjijikkan yang pernah gue lakuin.

           
Ada dua hal yang buat gue ngerasa terkutuk waktu itu.

-          Yang pertama, gue di putusin sama pacar gue yang tentunya karena gue bakalan lulus SMP dan melanjutkan ke SMA yang gue sudah pastikan itu akan cukup memberikan jarak.

-          Yang kedua, gue kena cacar. Ini penyakit luar biasa yang bisa bikin mental turun 180 derajat. Meskipun Cuma cacar air. Tapi ini membuat wajah gue memiliki bintik-bintik hitam.

Sekilas ini lah cerita kelulusan itu.
Pagi ini gue sambut hari dengan perasaan galau, karena baru aja putus sama pacar. Meskipun ini cuma cinta monyet, tapi gue sebagai manusia yang gak suka sama monyet. Gue merasa sedih. Cinta yang kita jalin ini sebenarnya adalah cinta terlarang karena perbedaan keyakinan, tapi walaupun gitu gue sempat punya rasa sama dia. Cukup, lupakan semua hal itu. Hari ini adalah hari kelulusan di SMP gue. Gue sudah yakin bakalan lulus. Gak tau kenapa walaupun dalam keseharian gue banyak *bolos, mainan di kelas, ngeroko, main kartu di kelas, nyolotin guru, godain cewe, berpetualang di hutan, nyuri salak, kelai, pacaran, teriak-teriak ohh...* gue tetap memiliki otak yang cukup pintar. Walaupun kepintaran gue itu kadang menghilang, gue bisa kembali ke diri gue sendiri.
Sekolah hari ini gue bersama dengan teman gue Elmi. Gue merasa ada hal aneh yang ada di tangan gue sejak tadi pagi, tangan gue ada bintik-bintik merahnya. Belum lagi gatal di seluruh badan, ahh tadi malam gue pake anti nyamuk kok.
Surat kelulusan itu ada di kantong, seharusnya sih di tangan. Tapi tangan gue sibuk menyentuh berbagai wilayah tubuh yang gatal. Selain itu, sebagai hari terakhir kita ga perlu kan bawa tas segala. Sobek pake pisau aja gin tasnya biar dapat tas baru di sekolah baru nanti. Haha.

            Sebagai siswa yang telah lulus, tentunya kami menjadi pusat perhatian dari ade-ade kelas kami. Gue berjalan dengan langkah yang sangat tidak pasti, kenapa? karena gue liat ada mantan gue dan para mantan-mantan cewe yang menggilai gue dulu. Saat itu gue sadar bahwa banyak pasang mata tertuju ke gue. Gue tau sih gue tampan, tapi ini lagi beda. Wajah gue memerah dan banyak bintik di tubuh gue. Saat itu elmi tanya ke gue:

            “Eh lis itu muka loe kenapa merah ngeri gitu”

            “Oke Elmi, jadi gini. Gue mau jujur”

            “apa?”

            “Sepertinya gue kena kutukan, liat ni bintik-bintik gatal gini ahh”

            Hening sejenak

            “Hahaha dasar bego, itu cacar taulah. Bukan kutukan”

“ehh gue sadar kok gue banyak berdosa selama disini. Mungkin ini hukuman dari allah”

“haha yasudah kita langsung pulang aja. Dari pada kutukan ini semakin mengerikan”

Oke di kelulsan ini gue gak kemana-kemana. Gue langsung pulang kerumah. Sampai di rumah gue teriak di depan rumah.

“Mamaaaa aku kena kutukan mamaaa. Tolong” *Mama gue keluar tergesa-gesa

            “Hah kenapa” *wajah panik sepertinya

“ini ma coba liat mukaku badanku gatal-gatal banyak bintik. Aku bakalan mati mama” *buka baju liatin badan berbintik

“Haha ini kena cacar. Ayo ajak bapak ke dokter”

*gue cukup tenang.

Sepulangnya dari rumah sakit, akhirnya gue sadar ini bukanlah kutukan, tapi cacar air. Seminggu gue merasakan sakit yang begitu menyiksa. Tanpa keluar rumah, memperlitakan diri gue ke orang aja gue malu. Ahhh ini penyakit yang sangat menyedihkan seumur hidup.

***

Selanjutnya adalah masa Abu-abu – Putih baru saja akan dimulai di
Abu-abu – Putih Kekuningan #2

No comments:

Post a Comment